Hallo! Selamat Datang di Marketplace produk digital, Freelancer terbaik di indonesia (67505 Members, 783 Products, 5291 Topic, 12956 Comments)

Masalah saat Backup table dengan type Innodb dan MyISAM

Dibuat
Login Terakhir 1 Jam lalu,
Telah Dilihat 3124 Kali
PHPMU.COM Support Mengatakan : Sultan Account
  1. Assalam, barusan ada salah seorang teman kita yang bertanya di sebuah topic,
  2. dan karena saya rasa cukup penting maka akan saya jelaskan sedikit disini :
  3.  
  4. isi pertanyaannya :
  5. mas saya menambahkan table di database sikolag, namun ketika saya ganti versi xampp nya database yang saya buat itu error tapi yang table dari project bawaan nya normal meskipun ganti versi xampp, dan file table di folder mysql>data pun untuk table yang saya buat cuma ada 2 yang extensinya .frm dan .ibd sedangkan untuk file yang bawaan nya ada tiga .frm .MYD .MYI ?
  6.  
  7. Baiklah akan saya jelaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi :
  8.  
  9. File .frm dan .ibd itu artinya table dibuat dengan Type InnoDB, jadi untuk backup table innodb sebaiknya export dari phpmyadmin langsung, jangan ambil dari xampp/mysql/data karena saat di pindahkan tidak akan bisa digunakan,.. karena saat install file ibdata1 pada xampp/mysql/data/ibdata1 akan hilang/terhapus juga,..
  10.  
  11. Sedangkan ibdata1 adalah InnoDB Data tablespace, file dimana data/record di write dengan menggunakan Engine InnoDB sebagai Tablenya. Kalo Tabel type MyISAM langsung tersimpan pada Namatabel.MYD, jadi jika file ibdata1 sudah terlanjur dihapus sebaiknya buat ulang lagi tablenya...
  12. Semoga bermanfaat,.. :)

Ada 1 Jawaban

ham dharmaputera
commented on 14 Jun 2019 20:24:49
  1. Assalamualaikum,..
  2. berarti di recover tidak bisa ya om ?
  3. harus buat ulang table lagi ?
Maaf, Untuk Memberikan Komentar Anda Harus Login !!!